Kamis, 31 Oktober 2013

MANFAAT DARI SEPOTONG COKELAT



Belum lama ini para peneliti berhasil mendapatkan beberapa bukti bahwa cokelat dapat menurunkan tekanan darah tinggi, melancarkan aliran darah dan menyehatkan jantung. Penelitian tersebut mengenai kaitan antara mengonsumsi makanan yang mengandung banyak flavonoid terhadap risiki terkena penyakit kardiovaskuler (jantung). Suatu senyawa yang bersaral dari biji cokelat dapat membantu tubuh memproses nitrat oksida (NO), yaitu suatu senyawa yang sangat dibutuhkan kesehatan aliran darah dan tekanan darah. Penelitian lain juga menunjukkan bahwa flavonoid pada cokelat mampu mencegah suatu substansi menyerupai lemah dalam aliran darah untuk mengalami oksidasi yang dapat menyebabkan penyempitan pembuluh arteri dan menghambat aliran darah.

Flavonoid adalah senyawa pada tumbuhan yang memiliki potensi sebagai antioksidan. Antioksidan adalah senyawa kimia yang dapat mengurangi reaksi oksidasi dalam suatu substrat yang spesifik. Sejauh ini, para peneliti telah menemukan sekitarn 4000 jenis flavonoid yang berasal dari tumbuhan. Biji cokelat mengandung flavonoid dalam jumlah yang cukup besar, tanaman lain yang banyak mengandung flavanoid adalah anggur merah, the, kacang, strawberri, apel dan lain-lain. Flavonoid pada cokelat disebug flavonol. Senyawa tersebut umumnya lebih banyak ditemukan pada cokelat berwarna gelap (dark chocolate) daripada cokelat putih (white chocolate). Penelitian dilakukan dengan memberikan para sukarelawan cokelat dengan kadar flavonol tinggi, kadar aktivitas nitrit oksida dalam darahnya juga ikut meningkat. Dr. Norman K. hollenberg Profesor Sekolah Kedokteran Harvard, pemimpin penelitian tersebut mengatakan nitrit oksida memiliki peranan yang penting dalam menjaga kesehatan pembuluh darah dan juga dapat menyehatkan jantung. Indikasi yang diperoleh menunjukkan bahwa orang tersebut sangat jarang mengalami peningkatan pembuluh darah.

Akan tetapi, juga perlu diperhatikan jumlah cokelat yang dikonsumsi. Cokelat masak yang dikemas dan diperjual belikan di pasaran juga memiliki kadar gula yang cukup tinggi. Oleh karena itu, sesuatu yang bermanfaat, jika dikonsumsi secara berlebihan pun akan memberikan efek yang kurang baik bagi kesehatan tubuh kita yang lain. 

Demikian info kesehatan tentang manfaat sepotong cokelat yang dapat Saya sampaikan. Semoga bermanfaat. 
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar