Senin, 28 Oktober 2013

KEBUTUHAN MANUSIA



"Setiap manusia menjalankan kehidupannya, hampir dipastikan mereka tidak terlepas dari kebutuhan. Baik itu yang bersifat individu maupun kelompok.Ada kalanya kebutuhan itu mendesak dan harus segera terpenuhi, dan ada kebutuhan yang tidak bisa dicapai sekarang, tetapi nanti dikemudian hari. Dalam materi ini akan diulas seluk beluk kebutuhan manusia, dan bagaimana manusia menyikapi berbagai macam kebutuhannya tersebut." 

Kompetensi dasar:

Mengidentifikasi kebutuhan manusia



Indikator:

  1. Menjelaskan pengertian kebutuhan
  2. menyebutkan bermacam-macam kebutuhan manusia
  3. mengetahui alat pemuas kebutuhan
  4. Membedakan kebutuhan dengan keinginan
  5. mengetahui manfaat mempelajari kebutuhan


Kelas / Semester          : 10 SMA / ganjil

Mata pelajaran             : Ekonomi 

A.    Pengertian Kebutuhan

    



Kebutuhan adalah segala sesuatu (barang dan jasa) yang diperlukan manusia untuk mempertahankan hidup untuk mencapai kemakmuran. Kebutuhan manusia beraneka ragam, selalu berubah menyesuaikan keadaan dan senantiasa bertambah seiring dengan tingkat kehidupan manusia. Bertambah tinggi tingkat kehidupannya, maka bertambah tinggi pula kualitas dan kuantitas kebutuhan.



Kebutuhan manusia tidak dapat diperoleh sekaligus tetapi harus mendahulukan mana yang lebih penting. Hal ini dilakukan karena keterbatasan kemampuan. Kebutuhan memiliki 2 sifat yaitu beragam dan tidak dapat cepat dipuaskan. Hal ini menyebabkan kebutuhan manusia relatif tidak terbatas. Adapun hal-hal yang menyebabkan kebutuhan manusia tidak terbatas sebagai berikut.

·         Sifat alami manusia

Manusia mempunyai sifat selalu merasa kurang, semakin banyak sarana yang dimiliki maka semakin banyak kebutuhan yang disarakan belum terpenuhi

·         Tingkat pendapatan

Semakin tinggi tingkat pendapatan seseorang maka akan membuat kecenderungan kebutuhan menjadi bertambah

·         Faktor lingkungan

Kondisi alam tempat manusia berada, baik itu lokasi maupun iklim yang dihadapi mendorong manusia untuk bertindak menyesuaikan diri dengan lingkungan.

·         Lingkungan Sosial

Hidup bermasyarakat sangat dipengaruhi budaya dan keadaan sosial sebagai anggota dari masyarakat. Termasuk juga keinginan untuk menyesuaikan diri agar bisa diterima orang lain. Hal ini menimbulkan “Demonstration Effect” yaitu kebiasaan (sifat) meniru tingkah laku orang lain.



B.     Macam-Macam Kebutuhan

Kebutuhan manusia dapat digolongkan menjadi 6 hal, yaitu: 

1.      Prioritas 

Yaitu kebutuhan menurut prioritas atau kadar penting atau tidaknya kebutuhan itu. 

a.    Kebutuhan Primer

Yaitu kebutuhan yang paling utama dan mutlak untuk dipenuhi, jika kebutuhan ini tidak terpenuhi cepat atau lambat maka dapat mengancam keselamatan nyawanya. Kebutuhan primer itu yang pertama kali dibutuhkan manusia demi kelangsungan hidupnya. Contoh: sandang, pangan, papan. 

b.    Kebutuhan Sekunder

Yaitu kebutuhan setelah kebutuhan primer terpenuhi. Semacam kebutuhan rumah tangga. Contoh: kemeja, baju, arloji, piring, alat tulis, radio dan lain-lain. 

c.    Kebutuhan Tersier

Tersier berasal dari bahasa latin tertius yang berarti “ketiga”, Kebutuhan ini baru terpenuhi ketika kebutuhan primer dan sekunder sudah terpenuhi. Kebutuhan tersier juga bisa diartikan sebagai kebutuhan akan barang mewah. Seperti: mobil sedan mewah, perhiasan, TV layar datar 54 inci, berwisata ke luar negeri dan lain-lain.



2.      Sifat 

Kebutuhan ini berhubungan dengan pengaruhnya bagi kita secara fisik (jasmani) dan psikis (rohani).

a.   Kebutuhan jasmani

Kebutuhan ini berhubungan dengan badan atau raga manusia. Seperti: makanan, minuman, pakaian, olahraga, dan kebutuhan lain yang berhubungan dengan fisik.

b.   Kebutuhan Rohani

Kebutuhan ini berhubungan dengan rohani atau batin. Seperti: buku untuk membaca, ibadah, berdoa, kebudayaan, pendidikan dan lain-lain.



3.      Waktu 

Merupakan kebutuhan yang merujuk pada kapan barang-jasa itu harus dipenuhi. 

a.    Kebutuhan Sekarang

Kebutuhan ini harus dipenuhi segera dan tidak dapat ditunda. Misalnya: makanan ketika lapar, orang sakit harus minum obat sesuai jenis penyakitnya.

b.    Kebutuhan yang akan Datang

Kebutuhan ini pemenuhannya dilakukan di kemudian hari. Seperti: kelengkapan menikah, tabungan, dan lain-lain.



4.      Subyek

Merupakan kebutuhan yang berhubungan dengan jumlah orang yang membutuhkannya

a.     Kebutuhan Individu

Kebutuhan individu adalah kebutuhan yang mencakup hal-hal yang diperlukan bagi perorangan (individu) seperti petani membutuhkan cangkul, pupuk, bajak, dan lain-lain. 

b.    Kebutuhan Kolektif

Kebutuhan kolektif adalah kebuthan yang dimanfaatkan untuk kepentingan masyarakat secara bersama-sama antara lain jembatan, pasar, angkutan umum, rumah sakit, jalan raya dan lain-lain.



5.      Wujud atau Bentuk

Merupakan kebutuhan yang dinilai dari tingkat bisa atau tidak untuk dilihat atau diraba.

a.   Kebutuhan Material (Konkret/Nyata)

Yaitu kebutuhan yang bisa diraba dan wujudnya nyata. Contoh: makanan, buku, mobil, jembatan dll.

b.    Kebutuhan Immaterial (Abstrak)

Yaitu kebutuhan yang tidak berwujud sehingga tidak bisa dilihat atau diraba, hanya bisa dirasakan secara rohaniah. Contoh: jasa dokter, jasa guru dll.



6.      Kedudukan atau Jaminan

Kebutuhan atas kedudukan berarti kebutuhan itu bisa dipindahkan atau tidak. Sedangkan kebutuhan atas jaminan biasanya digunakan sebagai agunan / penjamin apabila seseorang melakukan kredit.

a.       Kebutuhan Bergerak

Yaitu kebutuhan akan benda atau jasa yang bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Contoh: perhiasan, mobil, angkutan dll.

b.      Kebutuhan Tidak Bergerak

Yaitu kebutuhan akan benda atau jasa yang menetap atau tidak bisa berpindah dari satu tempat ke tempat lain. Contoh: tanah dan rumah sehingga diperlukan Sertifikat sebagai tanda jaminan kredit di bank.



C.     Perbedaan Kebutuhan dan Keinginan

Dua hal yang sepele tetapi sering kali kita kebingungan untuk membedakannya. Misalnya: ketika haus Anita sangat membutuhkan segelas jus jambu biji segar. Apakah ini termasuk kebutuhan ataukah keinginan?



Keadaan di atas bagi Anita merupakan sebuah keinginan. Kita disini sedikit terkecoh dengan kata haus dan membutuhkan.  Padahal yang perlu diperhatikan adalah segelas jus jambu biji, ini dinamakan identity of things yang menjadi ciri khas dari keinginan.



Bisa disimpulkan bahwa keinginan merupakan kebutuhan yang memiliki identitas tertentu. Kejadian diatas bisa disebut kebutuhan ketika Anita sedang haus dan membutuhkan minuman.



Sekarang, bedakan hal berikut.

Pak Andre Taulana adalah seorang supir taksi. Dia memiliki keluarga. Bagi beliau, dilihat dari intensitasnya mobil yang digunakan untuk bekerja itu merupakan kebutuhan apa?



Kebanyakan dari kita sering menyebutkan kebutuhan primer. Dengan alasan mobil digunakan untuk mencari nafkah, sehingga apabila tidak ada mobil, maka Pak Andre tidak bisa hidup. Tapi sebenarnya jika ditinjau dari intensitas, mobil tetap menjadi kebutuhan tersier, karena ini merupakan jenis barang mewah baginya. Mobil disini bukan menjadi kebutuhan primer beliau, karena yang diupayakan dari mobil tersebut adalah mendapat uang/nafkah, dan uang itu sendiri merupakan alat untuk memenuhi/ mendapatkan kebutuhan primernya yaitu makan, dan sebagainya bagi keluarganya.



D.    Manfaat Mempelajari Kebutuhan Manusia

Dengan mempelajari kebutuhan manusia kita sekarang semakin sadar dan tahu bagaimana cara membedakan berbagai macam kebutuhan sendiri untuk kelangsungan kehidupan kita. Adapun manfaat yang diperoleh dengan mempelajari kebutuhan manusia adalah:

  1. Dapat membedakan manakah yang bisa dikatakan kebutuhan sesuai dengan kondisi yang dihadapi, berdasarkan pembagian jenis kebutuhan
  2. kita bisa berpikir secara logis, kebutuhan apa yang seharusnya dipenuhi, dan kebutuhan mana saja yang bisa ditunda pemenuhannya
  3. kita bisa melakukan efisiensi hidup, bisa berhemat, dan saling menghargai kebutuhan diri sendiri dan orang lain
  4. kita semakin kreatif dalam memanfaatkan aneka macam alat pemuas kebutuhan berdasarkan nilai gunanya
  5. barang atau jasa yang tersedia bisa mencukupi “semua” kebutuhan manusia yang relatif tidak terbatas itu.   
Anda bisa dapatkan materi di atas dalam versi word dengan klik disini. Semoga bermanfaat. 


ARTIKEL LAINNYA: 

INFLASI
EKONOMI MONETER
KELANGKAAN
 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar